Sabtu, 06 Juni 2020

Rekomendasi Kunjungan Dokter Mata untuk Setiap Rentang Usia

Jika Anda ingin memastikan mata Anda berfungsi dengan baik, penting untuk melakukan pemeriksaan mata dan penilaian penglihatan secara teratur. Karena penglihatan Anda berubah seiring

bertambahnya usia, Anda harus memastikan untuk mematuhi kunjungan dokter mata yang direkomendasikan untuk setiap rentang usia. Mengikuti pedoman ini untuk pemeriksaan mata adalah



cara terbaik untuk mempertahankan penglihatan yang baik, dan mendapatkan perawatan mata preventif.

Pentingnya ujian mata biasa

Mempertahankan penglihatan yang baik adalah bagian besar dari kesehatan secara keseluruhan, dan melakukan pemeriksaan tingkatkan nutrisi mata secara teratur adalah cara terbaik untuk memastikan kesehatan mata Anda. Ini sangat penting ketika seseorang menganggap bahwa banyak penyakit mata tidak memiliki tanda dan gejala awal, dan dapat tidak terdeteksi selama bertahun-tahun jika pemeriksaan mata tidak dilakukan. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya penglihatan atau kerusakan pada mata.

Individu dengan riwayat keluarga penyakit mata, atau yang menderita penyakit seperti tekanan darah tinggi dan diabetes, berisiko kehilangan penglihatan. Karena itu mereka harus mengunjungi dokter mata setiap tahun, untuk memastikan bahwa mereka dipantau secara ketat.

Anak-anak di bawah usia 3 tahun

Bayi harus menjalani pemeriksaan mata pertama pada usia 6 bulan. Tes ini dilakukan untuk memastikan bahwa penglihatan mereka berkembang secara normal. Namun, jika Anda melihat gejala-gejala seperti menggosok mata, kemerahan, atau menyipit, sebelum waktu itu, pastikan untuk membawa bayi Anda ke dokter mata, karena itu mungkin menunjukkan masalah penglihatan. Jika semuanya baik-baik saja, maka kunjungan berikutnya dapat dilakukan pada usia 3 tahun.

Anak-anak 3 hingga 12 tahun dan remaja

Anak-anak harus menerima penilaian saat memasuki sekolah untuk pertama kalinya. Ini adalah saat yang kritis dalam kehidupan seorang anak, karena masalah mata dapat berdampak buruk pada pembelajaran. Melakukan pemeriksaan mata pada awal sekolah akan mengidentifikasi kondisi awal, sehingga perawatan korektif seperti kacamata dapat dilakukan jika diperlukan.

Setelah ini, anak-anak dengan penglihatan normal dapat mengunjungi dokter mata setiap dua tahun, tetapi mereka yang memiliki kacamata harus mengunjungi setiap tahun. Anak-anak usia sekolah sering mengalami kesalahan refraktif sehingga remaja harus pergi ke dokter mata setidaknya setiap 2 tahun.

Dewasa muda juga harus mengunjungi dokter mata setiap dua tahun, kecuali mereka mengalami gejala yang tidak biasa.

Dewasa 20 hingga 39

Pria dan wanita dalam kisaran usia ini biasanya memiliki penglihatan yang sangat baik, dan penglihatan tetap stabil, selama mereka mempertahankan gaya hidup sehat. Ini termasuk tidak merokok, makan sehat dan berolahraga teratur.

Namun, mereka mungkin berisiko mengalami cedera mata, dan karenanya harus memastikan bahwa mereka mengenakan kacamata pelindung yang diperlukan saat berpartisipasi dalam kegiatan olahraga. Kelelahan mata akibat menghabiskan berjam-jam belajar, membaca, atau melihat layar komputer, juga merupakan masalah dengan orang-orang dalam kisaran usia ini.

Orang dewasa dengan masalah penglihatan, yang ingin bebas dari kacamata resep atau lensa kontak, kadang-kadang memilih untuk memperbaiki penglihatan dengan operasi LASIK.

Dewasa 40 hingga 65

Setelah usia 40, umumnya disarankan agar Anda mengunjungi dokter mata setiap satu atau dua tahun. Dokter mata menyarankan skrining untuk penyakit mata pada usia 40. Perubahan dalam penglihatan biasanya terjadi pada usia ini, dan itu juga saat ketika tanda-tanda awal penyakit mata mungkin muncul.

Pemeriksaan mata dasar biasanya dilakukan pada usia 40, dan berdasarkan hasil, dokter mata akan menentukan apakah pemeriksaan lanjutan diperlukan. Pemeriksaan mata dasar adalah prosedur komprehensif yang memungkinkan dokter mata untuk melihat semua komponen mata.

Orang yang berusia di atas 40 tahun berisiko mengalami presbiopia, yang merupakan kondisi yang memengaruhi kemampuan fokus frame kacamata terbaik, dan menyebabkan kesulitan melihat dari dekat, dan membaca tulisan yang bagus.

Dewasa 65 tahun ke atas

Orang dewasa dalam kisaran usia ini berisiko terkena penyakit mata seperti glaukoma, katarak, dan penyakit degeneratif makula. Karena itu mereka harus mengatur untuk melakukan pemeriksaan mata setiap tahun.

0 komentar:

Posting Komentar